Categories
Uncategorized

Bangkitnya Para Pembuat Smartphone Cina

Transisi dari ponsel fitur dasar ke smartphone dalam beberapa tahun terakhir dapat dikreditkan ke pemain terhormat dari produsen elektronik – Samsung dan Apple. Meskipun smartphone pertama, yang dikenal sebagai IBM Simon, diproduksi sekitar dua dekade yang lalu, namun, smartphone seperti yang kita tahu disajikan dalam bentuk yang lebih dapat diterima bertahun-tahun kemudian oleh raksasa teknologi Amerika Apple dan produsen Korea Selatan Samsung. Mereka memerintah pasar smartphone untuk beberapa waktu bersama dengan perusahaan terkenal lainnya seperti Sony, LG dan Nokia. Tapi itu sebelum tahun naga Cina memasuki pasar ponsel pintar. Hari ini adalah skenario yang sama sekali berbeda karena produsen ponsel pintar Cina telah mengambil alih sebagian besar kue.

Merek ponsel pintar Cina, Xiaomi, baru-baru ini menjadi produsen ponsel terbesar ketiga di dunia untuk sementara waktu sebelum merek Cina lainnya Lenovo kembali meraih posisi. Xiaomi menyediakan beberapa handset dengan biaya sangat rendah dengan spesifikasi ponsel paling inovatif dan terbaru yang ada di dalamnya.

Kisah menakjubkan lainnya adalah tentang OnePlus pemula, yang dibentuk oleh mantan karyawan perusahaan Cina lainnya: Oppo. OnePlus telah melihat banyak kesuksesan dalam waktu singkat dengan smartphone debutnya: OnePlus One. Perangkat diluncurkan tahun lalu dengan tag line: The Flagship Killer. Dengan layar 5,5 inci, Chipset Snapdragon 801, GPU Adreno 330 dan kamera 13 Megapiksel, niscaya sesuai dengan tagline-nya. Ini pertama kali ditawarkan atas dasar undangan yang tampak membosankan dan frustasi pada awalnya tetapi agak membuat sulit untuk memiliki perangkat yang lebih didambakan. Sekarang, smartphone ini laris manis seperti tidak hanya di Cina tetapi di Amerika, Inggris dan negara-negara Asia lainnya.

Popularitas merek-merek ini juga dapat dikreditkan dengan fakta bahwa mereka telah menjadi pelopor dalam hal inovasi. Oppo adalah salah satu merek yang menjadi yang pertama menempatkan kamera berputar pada smartphone N1-nya. Gagasan baru tentang kamera yang dapat diputar dalam smartphone diperkenalkan pada tahun yang sama dengan kata “selfie” bernama Oxford Dictionaries word of the year. Kamera swiveling N1 memungkinkan shutterbugs untuk memotret gambar depan dan belakang dengan kamera 13 Megapiksel yang sama.

Vivo yang berbasis di Dongguan, juga mencapai prestasi baru ketika meluncurkan smartphone X5 Max memamerkan tubuh kurus hanya 4,75 mm. Ini memecahkan rekor smartphone Cina sebelumnya Gionee Elife S5.1 dan Oppo R5 dengan sasis ramping 4,85mm. Berulang kali perusahaan-perusahaan ini telah menciptakan gebrakan besar di dunia berita ponsel cerdas terbaru.

Smartphone tidak hanya terjangkau dan menarik dalam gaya tetapi mereka juga penuh dengan fitur-fitur pintar tidak kurang dari iPhone. Pasar smartphone sedang dalam tahap berkembang dengan permintaan untuk smartphone dengan harga pantas namun bergaya yang mampu ditawarkan oleh produsen Cina ini. Tetapi bisakah mereka mengambil bagian Samsung dan Apple? Yah, tidak untuk saat ini karena kedua raksasa masih berkuasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *