Categories
Uncategorized

Manfaat Utama Jeruk Purut,Cocok untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Jeruk purut merupakan salah satu jenis buah yang populer di seluruh dunia termasuk Indonesia. Jeruk purut digunakan tidak hanya sebagai minuman, tetapi juga sebagai bumbu masakan, juga untuk mengolah ikan.

Buah ini memiliki khasiat yang hampir identik dengan jeruk nipis. Bedanya, jeruk purut memiliki kulit yang lebih tebal, ada pula yang bertekstur dan berkerut. Buah ini biasa disebut jeruk nipis.

Manfaat Utama Jeruk Purut,Cocok untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Menurut laporan Healthy Line, jeruk dengan nama latin Citrus hystrix mengandung nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Manfaat kesehatan jeruk nipis tidak perlu dipertanyakan karena kaya akan nutrisi dan vitamin.

Manfaat jeruk purut juga bervariasi dari kesehatan hingga kecantikan. Salah satu manfaat jeruk purut adalah dapat membantu mengatasi sembelit karena dapat meningkatkan sisa makanan dan memperbaiki pencernaan.

Banyak sekali kandungan nutrisi yang baik pada jeruk purut sehingga tidak heran jika buah ini dapat membuat seseorang terlihat segar dan bugar kembali setelah mengkonsumsinya, terutama jika digunakan sebagai minuman. Jeruk ini merupakan sumber vitamin C yang cukup tinggi, yang berperan sebagai antioksidan.

Kandungannya bisa melawan radikal bebas penyebab penyakit kronis seperti kanker. Apa manfaat jeruk purut?

1. Membantu mengatasi batu ginjal

Batu ginjal adalah kristal mineral yang mengendap dan di mana seseorang merasakan sakit saat buang air kecil. Orang dengan penyakit ini memiliki kebiasaan menahan buang air kecil dan minum lebih sedikit air.

Tapi jangan khawatir, Anda bisa mencegahnya dengan menyemprotkan jus jeruk nipis. Buah ini mengandung asam sitrat yang dapat menjaga kesehatan ginjal.

Segelas air jeruk purut dapat mencegah pembentukan batu ginjal berkat senyawa asam sitrat, yang meningkatkan volume urin dan pH urin. Ini akan membuat buang air kecil lebih mudah, tetapi Anda tidak boleh menahannya lebih lama.

2. Mencegah kanker

Seperti yang sudah dijelaskan, jeruk purut merupakan sumber vitamin C sebagai antioksidan. Konten ini dapat mencegah pertumbuhan sel kanker.

Kandungan antioksidan pada jeruk purut merupakan agen anti kanker yang berperan aktif dalam membunuh sel jahat di dalam tubuh. Jeruk ini juga mengandung senyawa flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan untuk melawan dan membasmi perkembangan dan pertumbuhan sel kanker.

3. Menjaga kesehatan jantung

Dipercaya bahwa jeruk purut, bila dikonsumsi secara teratur, menjaga kesehatan jantung. Senyawa dalam jeruk ini memiliki kemampuan untuk mengontrol tekanan darah tinggi, mengobati sakit kepala atau migrain, serta mengurangi stres dan depresi.

Menurut sebuah studi dalam Journal of Nutrition and Metabolism, konsumsi jeruk nipis setiap hari dan keseimbangan antara olahraga dan tekanan darah tinggi adalah efektif dan meningkatkan kesehatan jantung.

Selain itu, sebuah penelitian di Jepang menemukan bahwa orang yang rajin mengonsumsi air jeruk nipis terhindar dari penyakit jantung dan stroke.

 4. Menurunkan berat badan

Jeruk purut dapat menurunkan berat badan dan mengatasi masalah perut. Jeruk ini sangat cocok sebagai menu diet. Cairan jeruk purut membuat pencernaan lebih mudah sehingga lemak tidak terlalu banyak menumpuk di dalam tubuh, terutama di perut.

Jeruk purut mengandung serat pektin atau zat molekuler yang larut.

 Selain itu, antioksidan dalam jeruk purut akan memecah lemak yang membandel dan mengubahnya menjadi cadangan energi. Jeruk ini juga dapat mendetoksifikasi racun dari dalam tubuh.

5. Meningkatkan kecantikan kulit

Jeruk purut dapat digunakan sebagai perawatan kecantikan alami. Anda bisa mencampur satu sendok makan jus jeruk nipis dengan air mawar. Kemudian celupkan kain ke dalam cairan dan tekan ke kulit. Cara ini terbukti efektif dalam mengatasi bintik-bintik kulit akibat sengatan matahari.

Selain itu, kadar vitamin dan antioksidan pada jeruk purut dapat meningkatkan kecerahan kulit wajah dan mengurangi produksi minyak yang berlebihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *