Categories
Uncategorized

Objek Wisata Benteng Pendem di Cilacap

Setelah anda melakukan perjalanan dengan armada travel jakarta cilacap kini waktu menjelajah tempat wisata menarik di wilayah ini.

Indonesia mempunyai riwayat panjang yang menarik untuk dibaca. Riwayat ini bermacam dari mulai jaman kerajaan sampai jaman kemerdekaan. Terdapat beberapa saksi bisu yang menarik untuk didatangi berbentuk Candi dengan bentuk bangunan yang mengagumkan, serta hadirnya beberapa stupa. Ada juga bangunan berbentuk benteng yang dibuat satu museum.

Bicara tentang benteng serta museum, Indonesia memiliki banyak tempat rekreasi riwayat semacam ini. Sebutlah Museum Vredenburg yang ada di Yogyakarta. Jika di Jawa Tengah, ada yang namanya Benteng pendem di daerah cilacap. Benteng sebagai saksi perjuangan masyarakat cilacap ini jadi trending sesudah beberapa bangunan bersejarah di beberapa kota mulai naik Daun.

Image lewat: www.instagram.com/fajarmaulanasidi Mengenali Benteng Pendem Benteng Pendem adalah bangunan bersejarah yang dibuat pada era ke 18 atau persisnya di tahun 1816 oleh pemerintahan hindia Belanda. Sebelum dipanggil dengan nama benteng pendem nama asli dari teritori ini ialah Kustbatterij op de landtong te cilacap yang berarti benteng di atas tanah serta menjorok ke laut seperti lidah.

Bangunan ini dulu dipakai untuk Kantor pemerintahan Hindia Belanda serta tempat pertahanan Kolonial Belanda. Berdiri di luas tempat 6,5 ha serta waktu pembangunannya memerlukan waktu seputar 18 tahun. Dipakai untuk tempat penuh di tahun 1879.

Diberi nama dengan benteng pendem sebab, benteng ini terletak ada di tanah. Benteng ini dulu benar-benar tidak terurus, tidak wajar sebab, tertutup oleh pasir pantai. Maklum, kehadiran dari benteng dekat sama pantai teluk penyu.

Di tahun 1986, pengendalian benteng ini juga pada akhirnya diambil oleh pemerintah cilacap. Bangunan ini selanjutnya digali serta dibikin bersih. Hingga, sekarang ini Teritori benteng pendem jadi simbol rekreasi dari Cilacap.

Menurut berita dari dinas pariwisata jika benteng ini memanglah belum seutuhnya tergali. Beberapa bangunannya masih ada di tanah. Memerlukan dana serta waktu yang lumayan besar untuk lihat bangunan ini berdiri dengan cara utuh.

Image lewat: www.instagram.com/ketutsudanakonvag Apakah yang menarik? Berkunjung ke benteng yang telah berdiri lama benar-benar sangat membahagiakan. Meskipun, ada aura mistis yang sedikit tersaji di teritori ini. Maklum, benteng ini dulunya digunakan untuk pertahanan serta konon tuturnya, di dekat benteng ada makam beberapa pejuang yang berkorban untuk merampas kemerdekaan.

Sesudah jatuh ke Tangan Indonesia benteng ini juga dipakai oleh TNI untuk tempat penting dan barak penting dan dipakai untuk tempat latihan perang. Kehadiran benteng ini masih tanda pertanyaan khususnya masalah peranan beberapa bangunan yang terdapat di sini. Cuma ada banyak bangunan yang telah dideteksi.

Sahabat native dapat lihat beberapa bangunan ini ibarat tempat benteng pertahanan serta ruangan rapat yang dapat dilihat. Sahabat native dapat juga lihat ruangan pengintai, klinik penyembuhan, dan gudang amunisi senjata yang menarik untuk dibuat untuk tempat spot selfie. Menarik kan?

Ada hal unik yang dapat didapat di sini, dimana ada satu lorong yang akan menyambungkan Sahabat Native dengan beberapa benteng serta goa yang ada di seputar bangunan ini. Tapi, Sahabat Native tidak dapat berkunjung ke teritori ini karena goa-goa ini telah terbenang air laut.

Image lewat: www.instagram.com/luthfatulj Ada pula satu lorong panjang yang konon tuturnya jadi jalan ke arah pulau nusakambangan. Jalan ini yang dicari oleh Sahabat Native yang lain, serta dibuat jadi satu spot photo yang menarik. Namun, ada satu pintu gerbang yang dikunci tidak ada satu juga yang berani melewati jalan ini.

Kecuali sedikit horror, jalan ini rupanya telah terbenang air laut. Seandainya saja, ada dana yang lebih buat dapat membuat teritori ini serta hidupkan kembali lagi jalan ini. Pasti jadi daya tarik tertentu.

Di teritori ini ada satu sumur yang tidak tertangani lagi. Tapi, temperatur di sini demikian sejuk serta membahagiakan. Ada di sini untuk waktu yang lama bisa jadi teduh serta menangi. Tapi, harus harus diingat jangan begitu melamun di teritori ini, Sebab tempat ini adalah tempat yang cukup angker serta tidak berteman buat beberapa pelamun.

Ada hal yang menarik lagi di teritori ini. Ada jembatan kecil yang dipakai untuk akses ke arah kembali pada pintu penting. Di tempat ini ada sarana berbentuk perahu bebek yang disewakan untuk Sahabat Native yang ingin menyewanya serta berkeliling-keliling danau.

Image lewat: www.instagram.com/ewitacahayaa
Image lewat: www.instagram.com/satria_mandiri_trans Di danau ini juga ada beberapa anak yang sedang berenang. Umumnya, Sahabat native yang melintas di teritori ini akan melempar koin serta koin itu jadi rebutan beberapa anak ini. Menarik memang lihat kehebohan mereka.

Beberapa anak ini cuma akan bermain di sini di saat hari libur saja. Jadi, hadirlah waktu hari libur serta rasakan sendiri sensasi kehebohan dari mereka. Bukan hanya Sahabat Native saja yang tiba ke sini, tetapi beberapa penggemar photografi juga tiba ke sini untuk ambil gambar dari pojok ke pojok yang benar-benar sangat menarik.

Benteng in juga umumnya dipakai untuk tempat mengadakan beberapa jenis acara hebat. Dimana, teritori benteng ini memiliki tanah lega yang cukup untuk memuat sebagian orang dalam jumlah yang lumayan banyak.

Alamat Serta Jalur Tempat Alamat Teritori ini ada di Jl. Benteng, Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Jateng. Ada dua pilihan yang dapat dipakai Sahabat Native ke arah teritori ini. Dengan memakai kendaraan pribadi yang cukup gampang sebab, benteng pendem ialah simbol rekreasi jadi, banyak papan panduan yang dapat jadi pemandu Sahabat Native.

Jika naik Angkutan umum, Sahabat native dapat memakai kereta api ke arah Stasiun Cilacap. Dari stasiun Sahabat native dapat memakai transportasi umum yang mengantarkan sahabat Native ke arah teritori ini.

Cilacap telah ramah juga dengan ojek online jadi, jika tidak mau sulit memakai transportasi umum, Sahabat Native langsung dapat memakai aplikasi ini.

Image lewat: www.instagram.com/irja_ost Harga Ticket Masuk Harga Ticket Masuk teritori ini lumayan murah juga cukup dengan 8 ribu rupiah saja. Membuka dari jam 8 pagi sampai 6 sore. Waktu yang panjang untuk Sahabat Native nikmati benteng ini dari pojok ke pojok.

Janganlah lupa juga untuk bertandang ke Pantai Teluk Penyu. Sebab, teritori ini lumayan dekat. Dimana pantai ini tawarkan semua keelokan yang tidak kalah dengan benteng. Satu teritori rekreasi yang prima antar riwayat serta alam yang bersatu dalam suatu teritori.

Nama Benteng pendem bukan hanya ada di sini saja Sahabat Native. Tetapi, ada di sejumlah kota seperti ngawi, Ambarawa, Semarang yang memiliki benteng penuh akan riwayat serta dipanggil dengan Benteng Pendem. Jadi, jangan salah tempat ya Sahabat Native.

Kelihatannya, kita harus sedikit mengucapkan terima kasih pada belanda sebab, bangunan serta beberapa peninggalannya sekarang ini dapat digunakan serta dirasa secara baik oleh semua masyarakat Indonesia. Diantaranya Benteng Pendem, Bagaimana Sahabat native terpikat dengan Benteng ini? Yuk, ke cilacap serta bersiap photo dengan bemteng ini, dinanti!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *