Menu Close

Ajarkan Kemandirian Pada Anak

“Kalau enggak belajar menerima, bisa saja hasil yang kita dapatkan enggak best, bukan enggak mau, tapi anak sudah maksimal,” imbuhnya. Untuk itu, orangtua diminta untuk tak menekankan pada anak untuk harus berprestasi atau meminta mereka belajar terlalu keras seperti saat sebelum pandemi. Dimana anak tak bisa bebas bermain dan ruang geraknya tentu dibatasi demi menjaga kesehatan.

Cara untuk melatih kesabaran terhadap anak

Jika Milk Lovers sendiri bersikap tidak sabaran, anak juga akan menirunya. Misalnya, anak bisa membantu menyapu, menjemur pakaian, mengelap meja, dan sebagainya. Kemudian, biarkan mereka merasa bertanggung jawab atas tugas-tugas tersebut. Berikan mereka kepercayaan dan jangan tolak bantuan mereka hanya karena anak belum bisa melakukannya dengan sempurna. Di masa serba instan, menunda keinginan bisa menjadi pe-er besar. Melatih “alarm” anak untuk berhenti ketika merasa cukup, baik dalam hal makan, berbelanja, melakukan kesenangan, membuat anak mampu “berkuasa” atas dirinya dan tidak tunduk dengan nafsu.

Dengan begitu kita dapat menahan diri atas segala persoalan, dan dengan kekuatan ini kita dapat melakukan hal yang baik bagi dunia ini. Ketika anak beranjak dewasa, ia akan menjadi orang yang sangat bergantung pada orang lain. Pengenalan tentang fungsi alat tulis dan buku tulis pada anak dilakukan secara langsung, yaitu dengan menunjukkan bagaimana menggunakan alat tulis dan buku tulis pada anak. Hal itu dapat dilakukan dengan cara menunjukkan anak bagaimana membuat garis lurus dan garis lengkung.

Untuk anak perempuan, misalnya bermain sebagai seorang putri. Berbagi mainan adalah cara yang sederhana untuk mengajari anak berbagi. Ada pun permainan anak-anak yang bisa dicoba adalah dengan pensil warna miliknya. Sediakan tiga wadah, wadah A, adalah tempat menaruh semua pensil warnanya, wadah B adalah miliknya, sedangkan yang terakhir adalah milik Ibu.

Menunggu beberapa ember terisi penuh dengan air hujan akan menjadi cara yang berbeda dan menarik untuk mengajari mereka kesabaran. Ketika anak sudah mulai mengerti tentang kesabaran dan tahu cara mengendalikan diri, ajarkan dia bersabar untuk hal yang lebih besar. Misalnya memberikan hadiah dengan syarat, atau menentukan waktu tertentu ketika ia meminta sesuatu dari orang tua. Katakan padanya bahwa orang tua akan memberikannya mainan ketika liburan sekolah telah tiba. Mom, memiliki sikap sabar sejak dini akan memiliki banyak manfaat dan keuntungan bagi kehidupannya di masa mendatang.

Tentukan, aturan mana yang penting bagi Mama dan harus tetap diikuti, dan biarkan yang lain berjalan sesuai keinginan anak. Misalnya, anak ngotot ingin memakai gelas warna hijau setiap kali minum, atau ingin memakai rok garis-garis dengan blus polkadot. Berkeras agar anak mengikuti standar Mama dalam hal style rasanya hanya menambah frustrasi untuk Mama maupun si kecil, ya enggak? Biarkan saja selama hal itu bukan hal yang prinsip, seperti mencuci tangan sehabis major di luar misalnya. Ketika merasa tertekan karena harus mengendalikan anak-anak, coba luangkan waktu sebentar untuk berpikir dan mengendalikan diri terlebih dulu. Sebisa mungkin hindari diri kita untuk tidak cepat bereaksi secara emosional.

Cara menggambar ayam untuk anak TK umumnya baru dapat menggambar bentuk-bentuk dasar seperti lingkaran, persegi, dan sebagainya. Namun, ada juga sebagian anak TK yang memiliki potensi kreatif mampu membuat detail-detail sederhana. Perjalanan mendidik anak hingga menjadi orang dewasa yang mandiri tentu penuh dengan tantangan. Mandiri di sini tidak sama dengan mampu melakukan berbagai macam aktivitas sendiri layaknya anak yang sudah bisa makan tanpa disuapi, namun lebih kepada menjadi pembelajar yang mandiri. Artinya, ketika nanti orang tua sudah tidak mendampingi lagi, anak bisa memiliki motivasi yang kuat atas hal yang ia lakukan tanpa harus disuruh atau diiming-imingi reward. Anak bisa membuat rencana hidup sekaligus strategi meraihnya.

Keluarga menjadi pintu gerbang awal anak mendapat pelajaran berharga tentang kehidupan, termasuk mengajarkan anak puasa. Melakukan stimulasi anak sejak dini penting dilakukan oleh orangtua agar menjadi bekal anak tumbuh dengan karakter positif dalam hal agama. Nah, bulan Ramadhan yang sebentar lagi tiba dapat menjadi momen yang tepat untuk melatih kesabaran dan akhlak si kecil sejak dini.

Mungkin karena orang tua tidak membiasakan mandi dengan air dingin. Menurut Psikolog Richard Bromfield berkata “Hanya lindungi anak ketika Slot Online Terpercaya ia benar – benar dalam bahaya”. Anak sebaiknya dibiasakan mandi dengan air dingin di usia tertentu, kecuali ia sedang tidak sehat.