Menu Close

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan » Republik Indonesia

Realisasi tersebut lebih rendah dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi Sumatera yang tercatat -1,19% , meski lebih baik dibandingkan pertumbuhan ekonomi Nasional yakni -2,07% . Secara spasial, Lampung berada pada peringkat ke-8 provinsi untuk pertumbuhan tertinggi tahun 2020 se-Sumatera. Secara kumulatif, kinerja pertumbuhan ekonomi Lampung pada tahun 2020 menurun dari tahun sebelumnya akibat penurunan permintaan sebagai dampak pandemi COVID-19. Konsumsi melemah seiring turunnya daya beli dan permintaan masyarakat. Sementara ketidakpastian ekonomi menyurutkan niat pelaku usaha untuk berinvestasi dan bersikap wait and see. Di sisi ekspor, pelemahan permintaan dunia memengaruhi volume perdagangan dunia yang menurun.

Bali ingin membangkitkan perekonomian setelah covid

Kebijakan yang diberlakukan mulai bersifat ekspansif untuk kembali menstimulus perekonomian nasional. Masa transisi ini justru menjadi masa yang krusial karena masyarakat harus siap dalam menyambut tatanan sosial ekonomi yang akan segera kembali regular. Pada masa ini, ketergantungan terhadap pemerintah perlu dikurangi dan bantuan yang diberikan pun dapat lebih berfokus pada manfaat jangka panjang. Dia menilai pandemi COVID-19 menghadirkan tantangan besar dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk ekonomi. Puan menyebutkan pertumbuhan ekonomi di Bali melambat karena pandemi COVID-19 akibat menurunnya pendapatan dari sektor utama yaitu pariwisata. “Saya harap dengan sudah dimulainya vaksinasi dan digalakkan kembali kegiatan-kegiatan seperti pameran IKM ini, nadi ekonomi Bali bisa kembali berdenyut, dan pendapatan masyarakat Bali mulai pulih,” katanya.

Diakui Menparekraf, usaha untuk memulihkan reputasi Indonesia di panggung international tidaklah mudah. Mengingat, saat ini negara-negara lain juga berlomba menarik para wisatawan ke negaranya. Tjokorda Raka mencatat kunjungan wisatawan ke Bali terus meningkat bahkan kini sudah mencapai 3.000 orang per hari. Pariwisata Bali sudah dibuka kembali mulai 31 Juli 2020, setelah sempat ditutup akibat Covid-19.

Elemen masyarakat baik formal maupun informal (pemimpin-pemimpin, orang berpengaruh, dan influencer casual di pedesaan) serta organisasi-organisasi kemasyarakatan harus dilibatkan dalam edukasi terkait protokol Covid-19. Selain itu, alat perlindungan kesehatan di pedesaan juga harus disediakan, terutama masker, juga fasilitas-fasilitas hand-sanitizer di tempat publik dan sentra-sentra produksi. Demikian juga pelarangan mudik harus dipertegas dibarengi dengan mendorong masyarakat pedesaan agar melarang anggota keluarganya untuk mudik. Protokol dan Standard Operating Procedure perlindungan Covid-19 ini harus disiapkan terlebih dahulu dan disosialisasikan dengan baik ke masyarakat di pedesaan sebelum relaksasi aktivitas ekonomi di masa restriksi sosial dilakukan. Kedua, negara di saat krisis ini harus hadir lebih intensif dalam melakukan intervensi distribusi. Secara teori peran negara sah-sah saja dan bahkan bersifat meningkatkan efisiensi alokatif jikalau terjadi kegagalan pasar karena kasus-kasus luar biasa.

Menurut Nadiem, budaya inilah yang menjadikan Indonesia unik di mata internasional dan membuat orang datang berkunjung. “Budaya ini merupakan salah satu potensi terbesar di Indonesia,” tuturnya. Sebagai wujud keseriusan menangani abrasi tersebut, pembangunan tanggul abrasi pantai yang berdekatan dengan Pelabuhan Gilimanuk ini akan direalisasikan di tahun 2021, terlebih didorong oleh kondisi pemukiman warga yang terletak hanya a hundred and ten meter dari lokasi abrasi. Rekomendasi penanganan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan adalah untuk merelokasi pemukiman warga yang ada di sekitar garis pesisir rawan abrasi. Setelah itu, dilakukan kunjungan ke Bali Banjar Jineng Agung yang mengalami abrasi. Hal ini disebabkan oleh naiknya level muka air laut dan pendangkalan pesisir.

Meningkatnya kebutuhan masyarakat akan sarana dan prasarana informasi dan komunikasi serta kesehatan dan aktivitas sosial akibat pandemi COVID-19 meningkatkan kinerja kedua lapangan usaha tersebut. Selain itu, masih positifnya pertumbuhan LU pertanian terjadi Situs Slot Judi Online Resmi di Indonesia seiring dengan peningkatan produksi pertanian yang bersumber dari penambahan luas tanam, produktivitas, dan cuaca yang mendukung di sepanjang tahun 2020. Dari sisi pengeluaran, perbaikan pertumbuhan ekonomi terutama didorong oleh perbaikan kinerja ekspor.

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno yang turut menyaksikan secara virtual mengungkapkan pentingnya vaksinasi untuk mempercepat pemulihan sektor pariwisata khususnya Bali. Sebab, dengan interaksi dan mobilitas yang tinggi para pelaku pariwisata sangatlah rentan terinfeksi COVID-19. Vaksinasi menjadi harapan besar untuk mewujudkan kawasan wisata yang aman dan sehat. Bali yang selama ini dikenal sebagai destinasi wisata dunia dan pendapatan daerahnya sangat bergantung pada pariwisata, terpuruk akibat Covid-19. Tidak hanya memudahkan dan memurahkan biaya touring, memang diakui Gubernur Bali Wayan Koster saat peluncuran, Bus Lisrik KSPN memang bertujuan untuk meningkatkan aksesibilitas menuju objek wisata sekaligus menunjang konektivitas antar lokasi wisata satu dengan lainnya. Dengan begitu, diharapkan kunjungan ke objek wisata di Bali meningkat sehingga sektor ekonomi yang sempat terdampak akibat pandemi Covid-19 dapat segera pulih.