Menu Close

Melatih Kesabaran Anak Itu Tidak Sulit, Ini 3 Kunci Utamanya

Senada dengan Aman, Wakil Direktur Sekolah Islam Athirah Wilayah Bone, Syamsul Bahri, S.Pd. Mengatakan, edukasi terbaik untuk siswa terkait dengan kurban adalah dengan mengajak mereka berpartisipasi secara langsung. Hal tersebut, sambungnya, dilakukan dalam bentuk menyediakan hewan kurban secara perorangan ataupun Sweet Bonanza kelompok. Selain itu, lanjut Syamsul, siswa juga dilibatkan dalam proses distribusi daging kurban. Pasalnya, Anda akan sulit menjadi sosok yang sabar bila terus-menerus berteman dengan orang pemarah. Anda enggak bisa menjadi sosok yang ikhlas bila berteman dengan orang yang suka dengki atau iri hati.

Ketimbang harus marah-marah di depan anak, belajarlah untuk selalu melihat sifat positif yang dimiliki anak-anak. Cara satu ini penting untuk dilakukan karena dapat membantu melatih kesabaran ortu dan juga mengapresiasikan keunikan yang dimiliki anak. Sabar dalam agama Islam memiliki keutamaan dan manfaat yang sangat besar.

Cara ini membuatnya memahami dan belajar kalau ia harus menunggu, sekaligus melatih anak untuk tidak merengek ketika meminta sesuatu. Orangtua juga harus bersabar untuk mengajari anak kesabaran. Misal, saat orang tua sedang di dapur memasak telur untuk sarapan, anak meminta tisu. Jelaskan secara perlahan, bahwa orang tua akan mengambil tisu dalam beberapa menit lagi.

Yang bisa kamu lakukan hanyalah bersabar dalam menghadapi semua perbedaan tersebut. Tidakkah kamu sadari bahwa setiap orang itu memiliki perspektif yang berbeda-beda dalam melihat sebuah fenomena? Ketika perbedaan itu muncul, terkadang kamu akan cenderung sakit hati sebab tidak sepakat dengan perkataan dan tindakannya.

Menurut penelitian, anak yang sabar menunggu merupakan anak-anak yang memiliki kemampuan untuk mengalihkan perhatian. Anak akan meresapi kata-kata ‘tunggu’ dan mencari cara atau aktivitas lain selama menunggu hingga akhirnya orangtuanya meresponsnya atau memenuhi permintaannya. Dalam keadaan ini, maka sikap paling penting untuk diajarkan pada Anak sedini mungkin adalah sikap sabar. Kesabaran anak bisa dilatih dan dibiasakan untuk membangun pribadi Anak menjadi lebih sabar. Untuk itu diperlukan cara tepat untuk melatih kesabaran anak.

Cara untuk melatih kesabaran terhadap anak

Memang, hal itu tidak bisa membantu menyelesaikan masalah, tapi akan membantu Anda untuk tetap tenang dalam menghadapinya dan bisa melihat tujuan akhir yang lebih besar. Untuk menyelesaikan semua urusan hidup membutuhkan perilaku sabar yang berbeda. Sabar untuk belajar tentu berbeda dengan perilaku sabar dalam mengajar pada guru atau dosen, atau sabar sebagai anak juga berbeda dengan sabarnya orang tua dalam mendidik dan mebesarkan anak-anaknya. Walaupun demikian semua itu ada persamaannya yaitu bahwa sabar harus disertai tawakal. Ketika anak mulai menginginkan sesuatu saat ia mulai beranjak besar, latih kesabaran anak dengan memintanya membeli sendiri barang yang diinginkannya.

Namanya juga melatih anak puasa sejak dini, tentunya balita juga sudah bisa untuk dilatih puasa Ramadhan. Jangan berpikir bahwa puasa mereka seperti puasa yang dilakukan oleh orang dewasa. Namanya juga latihan, tentunya semua hal terkait pengenalan harus dilakukan secara bertahap. Terakhir, jangan lupa pula untuk melatih anak untuk melakukan beragam aktivitas yang dapat melatih kesabarannya. Mulai dari bermain puzzle serta beragam aktivitas outside dan permainan lain yang membutuhkan kesabaran.