Menu Close

New Regular Kesenian

Hal ini tentunya dimaksudkan agar wisatawan mendapatkan pengalaman dan kepuasan, sehingga mendapatkan kenangan sesuai dengan poin ketujuh dari Sapta Pesona. Untuk itu, pengelola objek wisata wajib melakukan upaya dalam meminimalkan kontak langsung antar manusia dengan melakukan pembatasan kunjungan. Pembatasan ini dapat disepakati oleh pihak pengelola dengan penggunaan sistem kuota dan reservasi secara on-line.

Bali menjalankan New Normal

Sekali lagi, Koster mengingatkan bahwa itu semua rencana, bisa berubah, tergantung kedisiplinan masyarakat dan pelaku pariwisata dalam menjalankan protokol kesehatan. Optimisme pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif di Bali itu bukan tanpa alasan. Dimulai dari situasi yang sangat berat akibat Covid-19 ketika pemerintah menutup akses pintu masuk internasional, khususnya dari China pada Februari 2020. Memasuki Maret 2020, pemerintah kemudian memutuskan untuk menutup semua penerbangan internasional yang berarti wisatawan dari berbagai market potensial juga terhenti. Apabila kondisi di Bali ditandai dengan pemantauan yang minim dan penerapan protokol kesehatan yang inkonsisten, hal yang cukup berbeda terjadi di Kota Malang. Pada masa awal pandemi, Pemerintah Kota Malang mengalokasikan insentif untuk masyarakat perekonomian rendah yang membutuhkan bantuan.

Ini saatnya Bali bangkit kembali menjadi destinasi wisata favorit baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Kemenhub siap mendukung kebangkitan pariwisata di Bali melalui penerapan protokol kesehatan dalam bertransportasi. Kita harus lakukan ini secara konservatif dan hati-hati untuk mencegah penularan Covid-19,” jelas Menhub Budi di Bali, Minggu (2/8). Machfiyah, Apt, selaku Pendiri PT Aulia Citra Lestari memaparkan, “Produk utama kami merupakan haircare; berhubungan erat dengan perawatan di salon sehingga keadaan pandemi sangat mempengaruhi usaha kami.

Untuk mencegah penyebaran pandemi Covid-19 seluruh karyawan dan manajemen taman safari dan kebun binatang juga dipastikan dalam kondisi sehat. Pengelola Bali Safari and Marine Park, Hans Manangsang mengatakan, Bali Safari ditunjuk sebagai objek wisata pertama di Bali yang dibuka dengan Tatanan Kehidupan Era Baru. Pada 9 Juli 2020, destinasi wisata di Bali mulai dibuka khusus untuk pengunjung lokal Bali. Sebelum DTW dibuka harus melalui proses verifikasi new normal dari pemerintah kabupaten/kota. Putri sebagai asosiasi taman wisata dan objek wisata di Bali akan siap mendampingi DTW-DTW di Bali untuk melalui proses verifikasi.” Setelah melalui proses verifikasi DTW akan mendapatkan sertifikat new normal dari pemerintah kabupaten/kota,” ucapnya. Penumpang yang termasuk ke dalam kriteria yang dikecualikan, diwajibkan untuk mengikuti prosedur protokol kesehatan yang berlaku.

Contohnya seperti jam oprasional toko, warung dan pasar yang sebelumnya dibatasi, rencananya akan kembali diperpanjang. Hal ini merupakan tindaklanjut dari Surat Edaran Gubernur Bali yang akan membuka Bali pada tanggal 9 juli 2020 mendatang. Namun hanya beberapa sektor yang akan dibuka terlebih dahulu seperti, sektor pariwisata namun hanya untuk wisatawan domestik, kantor Pemerintahan, dan tempat ibadah namun untuk warga Bali. Beberapa kota di Indonesia saat ini tengah bersiap menghadapi The New Normal atau fase kehidupan baru setelah pandemi virus corona menghantam dunia.

Oleh karenanya anggapan new normal akan menggeliatkan pariwisata Bali kembali pulih agaknya kurang pas” ungkapnya. Sulastrawan juga menyatakan bahwa sosialisasi terkait new normal serta aturanya harus terus digencarkan oleh pemangku kepentingan guna mencegah anggapan liar dari masyarakat yang salah menafsirkan akibat kurang jelasnya informasi. dalam menghadapi tantangan kehidupan baru atau new normal Daftar Slot Terpercaya telah mempersiapkan secara matang untuk menerapkan protokol kesehatan. “Pedoman protokol kesehatan harus dipatuhi dengan ketat agar masa normal baru ini membawa kebaikan bagi semua. Untuk itu, pemerintah daerah yang ingin membuka aktivitas sektor parekraf harus mempersiapkan secara detail, tidak terburu-buru, serta memastikan protokol kesehatan sudah siap diimplementasikan.