Menu Close

Waspadai Dampak Negatif Media, Mulai Dari Gila Likes Hingga Susah Tidur

Berdasarkan kondisi kemampuan ekonomi sebagian besar masyarakat Indonesia, Sri Mulyani Martaniah melihat banyak aspek dalam era globalisasi yang dapat berdampak negatif dan bisa menyebabkan patologi sosial dan memerlukan pengembangan psikologi komunitas sebagai salah satu cara mengatasinya. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan oleh orang tua sebagai langkah untuk menjaga anak-anak mereka dari dampak negatif situs jejaring sosial, diantaranya adalah berupaya belajar tentang web serta situs jejaring sosial yang ada di web tersebut. Hal ini perlu dilakukan agar setidaknya para orang tua mengetahui seperti apa teknologi sekarang ini, dan bisa mengawasi anaknya pada saat berselancar di internet, beritahukan tentang bahaya yang mengintai dalam penggunaan situs jejaring sosial. Hal ini akan membuat anak menjadi lebih berhati-hati dalam menggunakan jejaring sosial tersebut, dan mengerti batasan-batasannya. Upaya lainnya yang dapat dilakukan orang tua dengan tidak memberikan telepon seluler yang dapat mengakses internet pada anak yang belum cukup umur. Keberadaan web memberi dampak positif bagi seluruh masyarakat pengguna web termasuk remaja pada umumnya khususnya di masa sekolah.

Sosialmedia bisa menjadi hal buruk bagi manusia

Sikap dan perilaku orang tua sebagai anggota masyarakat yang menampilkan gaya hidup dan etos kerja serta pengembangan interaksi dengan lingkungan akan direkam anak, baik untuk kepentingan belajar instrumental maupun belajar observasional. Perilaku masyarakat menuju abad 21 tidak lagi mencerminkan setia kawan, gotong royong seperti yang tampak di period sebelumnya. Tingkah laku manusia di kota besar lebih mengarah pada kesibukan pribadi, tidak acuh, tidak peduli terhadap mereka yang kurang beruntung . “Pokoknya saya senang, saya berhasil, saya bisa meraih semuanya. Apa yang terjadi dengan orang lain, bukan urusan saya,” kata si individualis, yang juga masuk ke dalam rekaman anak dan bukan tak mungkin dijadikannya pola bertingkah laku. Jika kita adalah orang tua, maka langkah yang paling benar adalah dengan memantau penggunaan sosial media anak. Mulailah dengan menjelaskan apa yang boleh dan dilarang dan menyaring informasi juga harus dilakukan sejak dini agar tidak mengganggu proses perkembangan psikologis anak dan mengubah pola pikir mereka menjadi lebih buruk.

Dalam hal ini, gubernur dan bupati/walikota merupakan aktor utama di tingkat lokal yang memegang peranan penting di daerahnya jika dilihat dari pengaruhnya ataupun dari regulasi terkait bansos. Sementara itu, Presiden Jokowi, Menko PMK, dan Mensos merupakan aktor kunci di tingkat pusat yang wewenang dan pengaruhnya bersifat nasional. Sementara itu, tingkat kepentingan seorang Judi Online aktor dilihat terutama dari indikator penitikberatan sebuah persoalan yang dianalisis dari pernyataan aktor tersebut dalam berita tentang bansos. Selain itu, frekuensi kemunculan seorang aktor dalam berita di media massa, baik dalam bentuk kutipan pernyataan atau objek yang dibicarakan oleh aktor lain, juga menjadi pertimbangan dalam melihat tingkat kepentingannya.

Dapatkah mereka melihat dirinya sebagai bagian dari kepentingan bersama, selaku anggota masyarakat dan warga negara? Pemerintah dan masyarakat harus bersama-sama menyelesaikan persoalan ini sebagai kepentingan yang tak bisa ditawar untuk dapat mempertahankan keutuhan dan kesatuan bangsa dan negara. Perilaku beberapa pihak yang saling tunjuk, saling menghujat, saling menghakimi tanpa mengindahkan prosedur hukum/aturan/tatanan yang berlaku perlu segera diatasi, sebelum menyesatkan masyarakat dalam pengembangan pola pikir dan tindakan yang jauh dari kehidupan sadar hukum. Pembentukan perilaku normatif dimulai dari pengenalan terhadap aturan yang berlaku dan terapannya dalam kehidupan sehari-hari, yang kemudian menjadi pengalaman yang terekam dalam kehidupan seseorang. [newline]Selanjutnya, dengan bekal kemampuan yang dimilikinya, terjadi proses pengambilalihan norma di luar diri menjadi pengembangan nilai-nilai yang dijadikan pegangan dalam berperilaku . Tergantung dari tingkat kematangan pribadinya, pengembangan nilai dalam diri sendiri bisa dilakukan secara mandiri, bahkan bernuansa luas, dan mampu dipertahankan secara tangguh dalam berbagai kondisi dan situasi. Pada tingkat seperti ini orang tersebut tidak akan mudah terpengaruh atau terbawa suasana lingkungan.

Sebagian besar pelanggaran di Indonesia baru terungkap setelah peretas menjual hasil panen mereka di situs komunitas peretas Raid Forums, yang ada di net terbuka. Belum lama ini, Kementerian TI Indonesia memblokir situs tersebut, tetapi masih mudah diakses dengan alat yang tepat. Meski begitu, ada banyak informasi pribadi yang dijual di space yang kurang terlihat di web. Seorang aktivis keamanan siber dengan nama panggilan “Dendi Zuckergates,” yang ikut mendirikan komunitas online untuk penggemar IT bernama Orang Siber Indonesia, mengatakan sebenarnya ada lebih banyak pelanggaran information yang melibatkan orang Indonesia daripada yang diberitakan di media. Penggunaan teknologi pendidikan saat belajar mandiri saat ini merupakan salah satu usaha dalam pengimplementasikan media pembelajaran terbaru berbasis teknologi yang beraneka ragam serta menjadikan usaha promotif terhadap teknologi pendidikan. Teknologi pendidikan juga akan sangat membantu dan mudah dipahami dalam kehidupan millenial sebagai media pembelajaran inovasi yang memudahkan mereka untuk mencari berbagai macam sumber pengetahuan dengan mudah dan dapat dilakukan saat kapanpun dan dimanapun.